Senin, 14 Juni 2010

New Wave Marketing

Sejarah Marketing di Indonesia ditandai dengan adanya era marketing yang berbeda-beda yakni Pseudo Marketing, Legacy Marketing, dan New Wave Marketing.

Era Pseudo Marketing adalah era dimana Nepotisme dan Koncoisme menjadi sangat dominan, dimana apabila seseorang dekat dengan kekuasaan maka bisnis akan lancar. Pada era Legacy Marketing, dapat dilihat bahwa bisnis yang berdasarkan hubungan dekat dengan kekuasaan, pada akhirnya akan rontok karena harus melakukan free fight competition yang tidak terbiasa mereka lakukan pada era Pseudo Marketing. Pada era Legacy Marketing, pemasaran dilakukan secara Vertikal, para Marketer harus melakukan persaingan secara keras dan free fight competition sehingga 9 elemen pemasaran yang ada (The Nine Core Elements of Marketing) harus dilakukan secara baik dan akibatnya harus menggunakan pemasaran High Budget – High Impact.

Dengan semakin majunya teknologi, baik komputer, IT, dll, maka sarana untuk berkomunikasi semakin mudah. Kita tahu bahwa Marketing pada dasarnya adalah Communicationship dan Relationship, maka muncul model marketing baru karya Hermawan Kartajaya yakni New Wave Marketing Low Budget – High Impact.

The Nine Core Elements of Marketing di dalam Legacy Marketing terdiri dari:
Strategy : Segmentation, Tergeting, dan Positioning untuk memenangkan Mind Share.
Tactic : Differentiation, Marketing Mix, dan Selling untuk memenangkan Market Share.
Value : Brand, Service, dan Proses untuk memenangkan Heart Share.

Jadi konsep New Wave Marketing menerapkan pengembangan dari konsep Legacy Marketing dimana dunia marketing saat ini tidak bisa lagi tetap bertahan secara Vertikal, namun sudah menjadi Horisontal alias “Merakyat”

Segmentation --> Communitization
Targeting --> Confirming
Positioning --> Clarifying
Differentiation --> Coding
Marketing Mix --> Crowd Combo
Product  --> Co-Creation
Price  --> Currency
Place  --> Communal Activation
Promotion --> Conversation
Selling  --> Commercialization
Brand  --> Character
Service  --> Caring
Process  --> Collaboration

Sumber dari buku “New Wave Marketing” karangan Hermawan Kartajaya.

==================================================================
After read this article, please comment to show that you participated in this blog's growth and development.

Tidak ada komentar: