Selasa, 25 Mei 2010

Mobile Suit Gundam Unicorn






















***
Genre : Mecha, Science Fiction, Action
Format : Original Video Animation (OVA)
Original Creator : Hajime Yatate, Yoshiyuki Tomino
Director : Kazuhiro Furuhashi
Music : Hiroyuki Sawano
Production : Sunrise
Released Date : February 2010
***

Sinopsis:

Univesal Century 0096; Tiga tahun telah berlalu semenjak perang Neo Zeon kedua berakhir (Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack).

Sisa-sisa dari Neo Zeon, The Sleeves, menuju Side 4 Koloni Industri 7 untuk bertemu dengan pemimpin Vist Foundation, Cardeas Vist. Tujuan pertemuan itu adalah penyerahan sebuah 'kunci' yang dapat membuka sesuatu yang disebut Laplace Box, yang menyimpan rahasia besar mengenai asal mula dunia Universal Century dan konon memiliki kekuatan untuk merestorasi masa depan atau justru menghancurkan dunia.

Banagher Links adalah seorang remaja berumur 17 tahun yang merupakan siswa dari Anaheim Industry Technical School di Koloni Industri 7. Ia melihat perang seolah-olah sebagai sebuah cerita fiksi, karena ia lahir setelah peristiwa One Year War (Mobile Suit Gundam) berakhir dan tidak pernah merasakan isolasi perang seumur hidupnya. Namun sejak menolong seorang gadis bernama Audrey Burne, yang juga datang untuk menemui Vist untuk mencegahnya menyerahkan 'kunci' tersebut kepada The Sleeves, ia mulai terseret dalam suatu konflik yang dipicu oleh Laplace Box. Nantinya ia juga akan mendapati bahwa Cardeas Vist tidak lain adalah ayahnya sendiri yang dahulu berpisah dengan ibunya. Sebelum ayahnya menghembuskan nafas terakhir, ia dipercaya untuk menjadi pilot 'kunci' tersebut, Gundam Unicorn!



Score:

Story = 5/5
Tak perlu diragukan lagi, franchise gundam selalu menghasilkan karya dengan jalan cerita yang mengagumkan! Yang patut dijadikan pertimbangan lebih dalam memilih anime ini adalah bahwa tanpa menonton film seri2 gundam original pendahulunya, penonton pemula tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam memahami jalan ceritanya.

Boleh jadi animasi adaptasi dari sepuluh light novel dengan judul yang sama ini akan mendulang kesuksesan yang lebih besar daripada Gundam 00, mengingat bahwa karya ini masuk dalam time line gundam original yang notabene memiliki sebagian besar penggemar yang loyal sejak lebih dari seperempat abad yang lalu. Gundam UC berhasil menggabungkan unsur dan ciri khas cerita Jepang dan Amerika dalam satu wadah.

Chara Development = 5/5
Potensi perkembangan diri masing-masing karakter dikupas secara bersamaan tanpa meninggalkan unsur penting yang dapat menentukan akhir cerita yang dipastikan dapat memuaskan semua pihak. Relasi antara Banagher dan Audrey patut menjadi pusat perhatian

Artwork = 5/5
Masterpiece! Benar-benar halus dengan tidak meninggalkan ciri khas Universal Century, terutama pada saat pertempuran menggunakan funnel yang memang merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu semua penggemar gundam di seluruh dunia!

Music = 5/5
Di sini ada sedikit keunikan di mana sebagian besar background music yang dipakai menggambarkan suasana eropa abad pertengahan dan mampu membangkitkan rasa mistis sekaligus kepahlawanan perang yang didambakan banyak orang, baik fans maupun bukan fans.

Humour = 4/5
Karena ceritanya lebih bersifat perang dan filosofis serta politik, humor yang tersedia mungkin tidak akan terlalu menjadi pertimbangan penonton dalam menyimak film ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kakkoi desu! >.< d